Sabtu, 26 November 2011

pengembangan SDM



PENGERTIAN

1. SDM KESEHATAN (Sumber Daya Manusia Kesehatan) adalah seseorang yg bekerja secara aktif di bid. Kesehatan, baik yg memiliki pendidikan formal kesehatan maupun tidak yang utk jenis tertentu memerlukan kewenangan dlm melakukan upaya kesehatan.
2. Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yg mengabdikan diri dlm bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan / atau keterampilan melalui pendidikan formal di bidang kesehatan yg utk jenis tertentu memerlukan kewenangan dlm melakukan upaya kesehatan
          3. Kegiatan standar adalah satu satuan waktu (angka ) yg diperlukan utk menyelesaikan kegiatan yankes oleh tenaga kesehatan sesuai standar profesinya.
          4. Standar beban kerja adalah banyaknya jenis pekerjaan yg dpt dilaksanakan oleh seseorang nakes profesional dlm satu tahun kerja sesuai dng standar profesional dan telah memperhitungkan waktu libur, sakit, dll.
          5. Daftar susunan pegawai adalah jumlah pegawai yg tersusun dlm jabatan dan pangkat dlm kurun waktu tertentu yg diperlukan oleh organisasi utk melaksanakan fungsinya.  
    6. Analisa beban kerja adalah upaya menghitung beban kerja pd satuan kerja dng cara menjumlah semua beban kerja dan selanjutnya membagi dng kapasitas kerja perorangan persatuan waktu.
    7. Beban Kerja adalah banyaknya jenis pekerjaan yg harus diselesaikan oleh nakes profesional dlm satu tahun dlm satu sarana yankes.
    8. Sarana kesehatan adalah tempat yang digunakan utk menyelenggarakan upaya kes.
    9. Perencanaan skenerio adalah suatu perencanaan yang dikaitkan dng keadaan masa depan (jangka menengah / panjang) yang mungkin terjadi.
    10. WISN (Work Load Indicator Staff Need) adalah indikator yg menunjukkan besarnya kebutuhan tenaga pd sarkes berdasarkan beban kerja, sehingga alokasi / realokasi tenaga akan lebih mudah dan rasional.   

Batasan Analisis Jabatan
          Usaha yg sistematik dalam mengumpulkan, menilai dan mengorganisasikan semua jenis pekerjaan yg tdpt dlm suatu organisasi
          Prosedur u/ menetapkan tugas & tuntutan keterampilan dari suatu jabatan dan org macam apa yg akan dipekerjakan utk itu
Secara sistematik mengumpulkan, m’evaluasi & m’rganisasi informasi ttg pekerjaan2
Hubungan Informasi dg Analisis Jabatan
1.       Memberikan gambaran ttg tantangan dari lingkungan yg m’pengaruhi pekerjaan
        Eg: penggunaan teknologi canggih
2.       M’hilangkan syarat2 pekerjaan yg bersifat diskriminasi yg sebenarnya tdk diperlukan
        eg: suku, agama, dll
3.       Mampu menemukan unsur2 pekerjaan yg mendorong / m’hambat kualitas kerja
        eg: Imbalan yg layak
4.       Rencana tenaga kerja masa depan
        eg: kuantitas & kualitas pekerja
5.       Mencocokan lamaran yg masuk dg lowongan yg tersedia
        eg: adanya lowongan yg kosong
6.       Menentukan kebijaksanaan & program pelatihan
        eg: Pelatihan bagi yg bpengalaman & bagi yg baru bekerja
7.       Msusun rencana pengembangan potensi para pekerja
Eg: fisik, sosial, intelektual
8.       Penentuan standar prestasi kerja yg realistik
        eg: menghitung jenis pekerjaan (fisik, intelektual)
9.       Dlm penempatan pegawai ssi dg pengetahuan, ktrampilan, & pengalaman
        eg: right people, right place, right time
10.   Merumuskan & menentukan sistem & tingkatan imbalan yg adil & tepat
        eg: menerapkan kriteria obyektif dlm analisis pekerjaan






Uraian Jabatan
          Suatu daftar tugas2, tanggung jawab, hubungan laporan, kondisi kerja, suatu produk dari analisis jabatan
Spesifikasi Jabatan
          Suatu daftar dari ‘tuntutan manusiawi’ suatu jabatan yakni, pendidikan, keterampilan, kepribadian dll yg ssuai dg analisi jabatan

Metode Mengumpulkan Informasi Analisis Jabatan
  1. Wawancara
          Wawancara individual dg masing2 karyawan
          Wawancara klmpk dg klmpok karyawan yg mmiliki jabatan yg sama
          Wawancara dg penyelia / b’pengetahuan ttg jabatan yg dianalisis
Keuntungan: Informasi lbh lengkap krn ditanyakan kembali, & langsung dari tangan pertama
Kerugian: Waktu yg lama, karyawan merasa diselidiki dll
Pertanyaan2 dlm wawancara
          Apa saja pekerjaan yg dilakukan dlm posisi atau pekerjaan anda?
          Apa tugas2 utama pekerjaan anda? Apa yg sebenarnya dilakukan pada tiap tugas tsb?
          Apa tugas2 tambahan dlm pekerjaan anda? Apa yg sebenarnya dilakukan pd tugas2 tambahan itu?
          Apa tanggung jawab anda?
          Kepada siapa anda memberikan pelaporan atau pertanggung jawaban? Kepada siapa anda harus melakukan pengawasan atau penyeliaan? Kepada siapa anda harus berkomunikasi dan bekerjasama dalm pekerjaan anda?
          Apa syarat2 pendidikan, pengalaman, ketrampilan, sertifikat2 atau persyaratan2 fisik yg seharusnya atau sebaiknya ada pada pekerjaan anda?
          Apa saja aktifitas yg anda ikuti selain tugas & tanggung jawab dlm pekerjaan?
          Bagaimana dg kondisi lingkungan tempat kerja skrg? Menurut anda bagaimana sebaiknya kondisi kerja yg ideal?
          Bagaimana dg kondisi keamanan & kesehatan pekerjaan anda?
          Apa saja tugas & kewajiban anda yg terjadi pd keadaan yg jarang terjadi atau luar biasa atau emergency?

Metode Mengumpulkan Informasi Analisis Jabatan …
  1. Kuesioner
          Harus dibuat secara terstruktur dan pertimbangkan pertanyaan apa yang akan dimasukkan dlm kuesioner
Keuntungan: Cepat & efisien utk mperoleh dari sejumlah besar karyawan, sistematis
Kerugian: Informasi sering kurang lengkap, kadang2 perlu waktu lama jika karywan tdk memahami pertanyaan
  1. Observasi
          Metode ini sering digunakan bersamaan dg metode wawancara,
Keuntungan: sbg alat verifikasi ketepatan informasi yg terkumpul melalui penggunaan metode2 lain
Kerugian: kemungkinan tdk akurat krn karyawan brusaha bekerja lebih keras, lebih baik sebab mrk sadar sdg diawasi, & memakan waktu yg lama

  1. Catatan harian pegawai
          Meneliti catatan harian pegawai ttg tugas pekerjaannya
Keuntungan: lebih akurat bila pegawai membuat catatan ttg apa yg dikerjakan
Kerugian: ketidakmauan pegawai dlm mbuat catatan krn dipandang sbg beban tambahan kerja